Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah -Yamaha Mio J

Di era ketika motor-motor matic masih menggunakan sistem dari karburator yang memang telah menjadi lumrah di pakai di beberapa jenis kendaraan, dengan kelebihan dan kekuarangannya tersendiri. Orang-orang pun mencari beberapa kendaraan yang irit karena seperti yang Anda telah ketahui sendiri di beberapa kota besar sering terjadi kemacetan yang bisa membuat bahan-bakar semakin cepat habis atau Boros. Selain itu,  orang-orang pun mulai memikirkan tentang emisi, gas buang, atau polusi yang sepertinya telah menjadi permasalahan bagi beberapa kota besar yang kadar polusinya tinggi.

Untuk itu, perlu adanya inovasi yang dilakukan seperti dengan mengeluarkan kendaraan yang mengusung tenaga injeksi yang mungkin bisa menjadi pemecahan dari beberapa masalah di atas.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan tenaga injeksi ?

Injeksi  adalah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran yang mencampurkan antara udara dan bahan bakar dengan akurat dan sesuai, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Ada beberapa sistem dari sistem injeksi seperti sistem mekanikal, elektronikal, dan campuran antara kedua sistem itu. Pada awalnya sisitem injeksi berasal dari sistem mekanikal, kemudian pada tahun 1980 barulah menggunakan sistem elektronik.

Sisitem elektronik modern menggunakan begitu banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan sisitem karburator, karena pada sistem injeksi menggunakan Electronic Control Unit (ECU) yang bisa menghitung berapa jumlah bahan bakar menurut kondisi mesin dan suhu udara, sehingga meningkakan efisiensi penggunaan bahan bakar yang akhirnya tenaga keluaran pun menajdi lebih baik dan tingkat polusi yang rendah.

Bagaimana cara Kerja ECU ?

  • Mengontrol udara dan bahan bakar

ECU bekerja pada mesin yang bertenaga injeksi. ECU akan mengatur berapa banyak bahan bakar dan udara yang masuk melalui beberapa sensor yang tersebar di mesin.

Jika Sensor pada throttle menujukan pedal gas di injak semakin dalam, MFS akan menghitung udara yang masuk kemudian ECU pun menyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Jika sensor pada tempratur menunjukan mesin panas, bahan bakar akan di suplai kembali.

  • Mengontrol waktu pengapian

Sebuah mesin tentunya membutuhkan pengapian di ruang bakar, untuk itu membutuhkan percikan api agar bisa memulai pembakaran.  Pada saat waktu pengapian,  ECU bekerja sebagai pengatur waktu terjadinya percikan yang nantinya akan menghaslikan daya yang lebih baik dan ekonomis.

ECU akan mendeteksi ketukan, bila dirasa ketukan itu telalu cepat dan bisa membuat kerusakan pada mesin. Untuk mecegahnya, maka ECU akan memperlambat waktu percikan.

  • Mengontrol kecepatan mesin pada saat idle

Hampir semua mesin memiliki Idle speed Control yang terintegrasi dalam ECU yang berfungsi sebagai pengontrol waktu menginjeksikan bahan bakar, mengatur ketukan,  dan membuka tutup katup udara.

  • Mengontrol durasi buka tutup katup

Bagi mesin yang menggunakan sistem VVT. ECU berguna untuk mengotrol waktu dalam siklus mesin pada saat katup membuka.

Perawatannya pun harus dilakukan secara khusus dengan alat yang telah dipersiapkan. Jadi, tidak semua orang bisa menyeting/mengatur udara masuk dan bahan bakar pada mensin dengan jenis pembakaran injeksi ini.

Teknologi Fuel Injection ini ditemukan oleh Robert Bosch pada tahun 1922, pada saat itu Tekonlogi ini digunakan untuk menggerakan kendaraan-kendaraan di Eropa.

Lalu, apa yang menjadi kelebihan atau pengaruh  dari penggunaan sistem injeksi ini, diantaranya :

  • Keluaran
  • Daya tahan
  • Efisiensi
  • Tidak perlu dipanaskan ketika pertama kali menghidupkan
  • Lebih halus ( respon yang lebih diandalkan)
  • BBM alternatif (lebih menghemat BBM)

Bedanya dengan Karburator?

Karburator adalah sebuah mesin yang kinerjanya adalah mencampurkan bahan bakar dan udara di pembakaran bagian dalam. Namun cara kerjanya manual, ketika mengontrol udara yang masuk ke dalam ruang bakar, kemudian menyalurkan bahan bakar sesuai dengan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Seperti yang telah kita ketahui, cara menyetelkannya pun dilakukan secara manua pula agar kebutuhan bahan bakar dan udara bisa sesuai di segala kondisi. Bila tidak sesuai masalahnya kestabilan dan kinerja mesin pun bisa menurun.

Kelebihannya menggunakan karburator memang murah , komponen yang murah dan simpel. Tapi ada pula bila memang cara penyetelannya yang kurang akurat bisa menyebabkan beberapa kerugian seperti bahan bakar menjadi boros dan masalah yang paling sering dibicarakan dan begitu nyata adalah yang berkenaan dengan kondisi lingkungan.

Apa yang dilakukan ?

Berkenaan dengan unsur-unsur di atas, mulai dari kelebihan kekurangan serta dari dampak dan manfaat yang ditimbulkan, akhirnya YAMAHA mengusung teknologi fuel injection dengan nama YMJET-FI ( Yamaha  Mixture Jet – Fuel Injection) yang bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, yang bisa berdampak atau berpengaruh terhadap gas buang atau emisi yang lebih sedikit.  Sehingga dengan emisi yang dihasilkan rendah bisa mengurangi polusi yang telah menjadi permasalahan yang nyata di kehidupan sehari–hari.

Pada umumnya, para pengguna teknologi Injeksi menggunakan satu saluran. Tapi pada YMJET-FI ini terdapat dua saluran, yang pertama  Air assist (saluran kecil) dan yang kedua Main Air Passage (saluran Besar).

Dengan cara kerja yang sederhana, RPM yang dihasilkan menginformasikan kepada ECU. Informasi yang dihasilakan oleh ECU kemudian disinyalkan kepada YMJET-FI untuk menyuplai udara melalui dua saluran udara tadi (Air Assist dan Main Air Passage) sesuai dengan RPM yang dihasilkan.

Misalkan bila putaran RPM yang dihasilkan kurang dari 5000 RPM maka Air asist akan bekerja untuk menyuplai udara. Bila putarannya lebih dari 5000 RPM maka Main Air Passage-lah yang bekerja untuk menyuplai udara. Semakin sedikit udara yang digunakan, maka akan sedikit pula bahan bakar yang digunakan. Begitu juga sebaliknya yang berarti teknologi ini bisa menyesuaikan antara kebutuhan suplay udara berdasarkan kecepatan yang dikehendaki oleh pengendaranya .

Namun yang menjadi kelebihannya, YMJET-FI mampu menghemat bahan bakar hingga 30 % bila dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan kabulator yang hanya bisa memangkas sekitar 10% penggunaan bahan bakarnya.

Lalu apakah itu Motor matik irit murah-MIO J ?

Dari sanalah pada awal tahun 2012, Yamaha mengeluaran produk baru dari MIO yang telah menyabet beberapa award untuk kategori matic ini, yaitu Motor matic irit murah – MIO J  yang sekarang bisa di temui di pasaran dengan dua tipe yang disediakan:

Mio J FamilyMio J teen

MIO J Family                                               MIO J Teen

Mio J Familiy diperuntukkan untuk seseorang yang ingin tampil dinamis cocok digunakan oleh orang tua atau umum. Sedangkan Mio J Teen di peruntukan untuk anak mudah yang ingin tampil trendy dan percaya diri. Untuk harga on the road Jakarta, Mio J ini di banderol antara  seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000.

Mio J mengusung teknologi  YMJET-FI  sesuai dengan slogan yang dibawanya “Semakin Cepat, Semakin Irit…It’s Magic” MIO J dengan teknologi YMJET-FI mampu menghasilkan performa yang tinggi  dan dirancang menghemat bahan bakar hingga 30 %. rahasianya ada di injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar.

NEW MIO-J 1000% JOY FUL! NEW MIO J Teen 1000% JOYFUL!

MIO J mengusung mesin 133.7 CC, 4 Tak, 2-valve SOHC berpendingin kipas yang memiliki tenaga maksimum 7,75 PS pada 85000 RPM dan torsi maksimum 8,5 Nm pada 5000 RPM. Juga memakai DiASiL Cylinder dan forged piston yang dapat memberikan kompresi tinggi dan piston cleareance yang stabil. dengan garansi 5 tahun. selain itu, menggunakan  aki kering

NEW MIO-J 1000% JOY FUL!MIO J TEEN

Dari segi kenyamanan MIO-J sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, karena halusan dan nyaman pada saat digunakan dengan kehandalan responnya. Seperti, versi-versi Mio sebelumnya yang memang nyaman pada saat dikendarai.

Dari segi warna dan desain yang friendly, Motor matic irit murah – MIO J cocok untuk berbagai kalangan banyak sekali varian tiga perpaduan warna, merah-putih-merah menjadi sebuah hero pada varian ini yang bisa di pilih, begitu juga kelebihan fitur-fitur lainnya yang menjadi kelebihan dari Motor matic ini.

  • Seperti lampu nyala otomatis
  • Kapasitas tangki 4.8 L
  • Desain lampu belakang dan lampu depan yang berbeda dari versi yang sebelumnya.
  • Ukuran bagasi luas 8.1 L yang bisa menyimpan jas hujan, sepatu pengganti atau barang lainnya.
  • Speedometer Baru

Setelah beberapa penjelasan di atas mungkin anda akan lebih bisa memilih kendaraan seperti apa yang anda kehendaki. Yang tentunya lebih pada kenyamanan, ekonomis, dan jangan lupa dampak terhadap lingkungan atau lebih ramah lingkungan. Mungkin yang bisa menjadi salah satu plihannya adalah Motor matic irit murah – MIO J “ Semakin cepat, Semakin di Depan…It’s Magic”

 

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s