Kegiatan Unik di Bulan Ramadhan

Ramadhan telah datang, bahkan telah dimulai beberapa hari. Seperti yang telah kita tahu pada saat datangnya bulan puasa, ada beberapa hal yang dirasakan khas yang sepertinya tidak kita temui di bulan-bulan yang lainnya.

Salah satu ke-khasannya adalah menahan lapar dan haus di siang bolong, itu yang menjadi salah satu hal unik yang tak biasa ditemukan di bulan-bulan lainnya. Bukan hanya itu, kita juga dilatih untuk lebih bersabar, menjaga hawa nafsu kita, juga hal lainnya yang ternyata begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari puasa ini.

Lalu apa saja hal unik di bulan yang penuh berkah ini :

  1. Sahur, Kegiatan makan di subuh hari yang boleh dilakukan sebelum tanda imsyak –berhenti makan dan minum- yang biasanya seseorang baru bangun di antara pukul 5-6 pagi karena ada kegiatan sahur ini bisa bangun dari jam 3-3.30 dini hari. jangan lupa berniat juga.
  2. Puasa, Adalah kegiatan menahan makan dan minum dimulai dari setelah imsyak sampai waktu berbuka, setelah adzan magrib. Namun, esensinya sih bukan hanya dari itu, seperti yang telah dikatakan tadi lebih menahan hawa nafsu.
  3. Berbuka,  adalah saat diperbolehkan melakukan kegiatan makan dan minum. Eits, jangan lupa baca doa untuk berbuka dulu ya.
  4. Terawih, adalah solat sunat yang dilakukan setelah azan isya berkumandang. Biasanya jumlah rakaatnya 11 rakaat -23 rakaat atau lebih.
  5. Zakat. Pada penghujung ramadhan, orang-orang yang mampu diwajibkan membayar zakat fitrah.

Selain itu, beberapa kegiatan lain pada saat bulan puasa ini, seperti:

  1. Ngabuburit, yaitu kegiatan yang dilakukan pada saat menunggu waktu berbuka tiba, banyak hal-hal yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka. Mau apa aja sih boleh aja yang pasti tidak membatalakan dan tidak mengurangi pahala dari puasa kita. Karena yang Mengerjakan puasa diri kita. Ya, pahalanya buat kita juga kan.
  2. Buka puasa bareng, biasanya bila sehari-hari makan sendiri karena berbagai kesibukan, dengan adanya bulan puasa biasanya kita bisa buka bareng dengan teman, sahabat, atau keluarga.
  3. Kultum, Kuliah tujuh menit kepanjangan dari kultum, yang biasanya diisi dengan siraman rohani sebelum waktu berbuka tiba.

Maka dari itu, bulan ramadhan bisa dikatakan sebagai bulan dari seribu bulan karena terdapat beberapa keutamaan dan keistimewaan di dalamnya, itu setidaknya itu sih yang pernah saya dengar dari pak ustad.

Mungkin masih banyak kegiatan lain yang khusus ada di bulan ramadhan yang terlewatkan untuk lebih lanjut sih bisa tanya ke pak ustad atau bu ustad.

Semoga di bulan ramadhan kali ini, kita senantiasa diberikan keberkahan dan pahala yang begitu besar. Tinggal kembali kepada kita yang menjalankannya.

Amin ya Rabb.

Tinggalkan komentar

Filed under Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s