Biar Tulisan semakin Renyah

Mekanikal editing.Sebelumnya, saya mempostakan bahwa semua orang dapat membuat buku. Memang semua orang bisa membuat sebuah buku, tapi sebenarnya ada peran-peran lain yang membuat sebuah tulisan tersebut menjadi lebih renyah. Apalagi bila Anda, ingin tulisannya di jadikan sebuah buku.  Karena seperti yang telah dituliskan dalam artikel sebelumnya, bahwa tulisan atau buku haruslah bisa dimengerti oleh pembacanya. Jadi, bukan berarti tulisan yang Anda buat langsung diberikan ke pada penerbit lalu langsung di terbitan tetapi harus melewati tahap pengeditan. karena bila tidak, mungkin saja ada beberapa salah tik, kurangnnya keterbacaan, atau hal lainnya yang berhubungan dengan isi naskah Anda.

Nah, untuk itu di sinilah peranan seorang editor atau penyunting dibutuhkan. Emang, apa saja sih yang dilakukan oleh seorang editor atau penyunting? Yang dilakukannnya adalah mengoreksi dari mulai hal hal kecil seperti ejaan atau salah tik, menghilangkan atau menambahkan beberapa kalimat, keterbacaan sampai kelegalannya.

Jadi, seorang penulis sebelum naskahnya dierbitkan pastilah bekerja sama dengan seorang penyunting atau editor. Mulai dari penulis pemula sampai penulis yang sudah terkenal pun akan bekerja sama dengan editor agar tulisannya semakin renyah. Mungkin dari sekian banyak halaman penulis buat akan ada beberapa isi dari tulisan yang akan di didiskusikan dengan penyunting atau editor apabila ada beberapa hal yang memang harus dikurangi atau ditambahkan sampai tulisan itu siap untuk di terbitkan.

Tinggalkan komentar

Filed under Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s