Batik Day

Jumat 02 Oktober 2009, menjadi momen yang sangat penting bagi salahsatu seni warisan “ASLI” Indonesia yaitu BATIK, yang akan ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Curtural Organization).

Bagaimana tidak menjadi momen yang sangat penting, setelah terjadi Pengklaiman BATIK oleh negara lain. Pada hari ini, akhirnya dunia pun mengakui bahwa BATIK berasal dari Indonesia.

Ini memang sudah sepantasnya karena menurut sejarah, Batik sudah dikenal Indonesia sejak zaman Kerajaan Majapahit dengan batik tulis yang menggunakan alat sederhana dan seiring perkembangan kebudayaan kemudian mulai mengenal batik cap.

Batik yang memiliki nama asal dari bahasa Jawa Ambatik (anulis atau anyerat ) yang berarti tulisan atau menggambar berkembang pesat di daerah Jawa tengah Surakarta dan Yogyakarta. Selain itu batik juga berkembang di daerah Jawa Barat seperti di daerah Indramayu, Cirebon, Kuningan, Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bogor, Cimahi dan sukabumi yang tentunya dengan corak dan motif yang khas dari daerah masing-masing. Corak dan motif yang diambil bisa berasal dari legenda-legenda  tanah air atau mengangkat kekayaan alam yang berada di daerah tersebut. Hal ini membuktikan bahwa setiap goresan dalam batik memiliki sebuah makna yang berupa doa dan nilai bukan hanya sekedar menuliskannya saja.

Seperti Batik Fraktal yang ditemukan oleh Kelompok anak muda Bandung yang menamakan dirinya ” Pixel People Project” yang telah menemukan perkawinan antara kebudayaan tradisional batik dengan ilmu Matematika yang tentunya dengan bantuan teknologi komputer.

Nama Batik yang telah dianugerahi Award of Excellence oleh UNESCO ini, berasala dari sebuah istilah matematika “Fraktal” yang berarti pengulangan bentuk.  hal ini juga terjadi pada pebuatan batik.

Dengan penemuan ini diharapkan dapat mempermudah dan membantu para pembatik di Indonesia dalam menciptakan motif-motif baru dengan perangkat lunak Versi ke-2 yang diberi nama ( jBatik v.2.0). Peranti lunak ini dikabarkan mudah untuk digunakan.

Sumber PR

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “Batik Day

  1. Ping-balik: Hari Batik Nasional atau Kebudayaan Nasional??? » AkuDhieAku

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s